Jaga Kebersihan Tali Pusat Bayi Sebagai Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Benar

Untuk bisa melakukan cara merawat bayi baru lahir dengan baik adalah dengan cara yang baik dan perlahan. Satu bagian yang paling penting dalam bayi yang baru lahir adalah adanya tali pusat yang memang masih menempel pada bayi tersebut dan biasanya akal lepas dengan sendirinya pada saat bayi memasuki usia 1-2 minggu setelah lahir. Dengan keberadaan tali pusat ini akan membuat perawatan bayi harus lebih ekstra lagi karena ini berbahaya jika terkena benda serius lainnya.

cara merawat bayi baru lahir


Perawatan bayi ini bisa dimulai dengan dari memandikan sampai dengan menggunakan beberapa pakaian untuk bayi yang baru lahir ini. Berikut ini adalah perawatan yang harus dilakukan perlahan antara lain:

1.    Gunakanlah kasa yang steril dan juga lembut karena akan membuat tali pusat menjadi cepat kering dan perlahan akan terlepas sendiri.
2.   Pada saat memandikan bayi usahakan tali pusat ini tidak terkena air karena akan membuat tali ini menjadi sulit untuk kering.
3.     Gunakan alkohol sebesar 70 persen untuk membasahi kasa yang akan digunakan untuk membersihkan tali pusat tersebut.
4.   Selalu ganti tali pusat setelah mandi agar terhindar dari kuman yang menempel. Waktu yang baik adalah sekitar 3-5 kali dalam sehari untuk mengganti kasa.

Pentingnya tali pusat harus diiringi dengan cara merawat bayi yang baru lahir dengan baik karena akan membuat tali lebih cepat terlepas. Tali pusat memang sangat berguna pada saat bayi berada di dalam kandungan karena sebagai aliran masuk makanan untuk bayi. Sementara setelah sudah lahir tali pusat ini sudah tidak terlalu digunakan lagi.


Jika bayi mengalami permasalahan pada tali pusatnya ada baiknya jika berkonsultasi kepada dokter bayi Anda. Bisa saja masalah ini disebabkan oleh cara merawat bayi baru lahir yang salah atau tidak sesuai dengan anjuran dokter. Tidak perlu khawatir karena biasanya permasalahan ini tidak terlalu besar karena hanya menyebabkan infeksi pada luka tali pusat tersebut. Kasa merupakan salah satu faktor penting yang akan membuat tali akan jadi lebih cepat sembuh.

0 Response to "Jaga Kebersihan Tali Pusat Bayi Sebagai Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Benar"

Posting Komentar